Senin, 26 April 2021

Khawatir Jadi Korban Penipuan yang mengatasnamakan GoPay? Kenali Ciri-Ciri Pelaku dan Simak Cara Melaporkannya

Fitur dan layanan seru yang ada di aplikasi GoPay bikin kamu makin betah dalam bertransaksi. Apalagi pas mau beli jajan, top up game, atau belanja kebutuhan sehari-hari bisa lebih praktis dengan GoPay. Tapi tetap hati-hati ya sama kejahatan yang terjadi di luar sana, terlebih fenomena MAGIS (Manipulasi Psikologis) bisa mengintai siapa aja. Kalau mendapati aktivitas tidak wajar pada akun GoPay, segera sampaikan kendalamu. Cara melaporkan penipuan mengatasnamakan GoPay juga simpel banget, yaitu dengan mengunjungi Halaman Bantuan di aplikasi Gojek. Berikut macam-macam modus penipuan yang sering dijumpai.

Khawatir Jadi Korban Penipuan yang mengatasnamakan GoPay
 

Meminta Kode OTP/PIN

Kode OTP/PIN sifatnya rahasia. Jadi, jangan sembarangan dalam membagikannya terutama kepada pihak yang nggak bertanggung jawab. Biasanya, modus yang digunakan penipu seperti:

     Kamu mendapat telepon dari pihak tidak dikenal dan mereka mengaku berasal dari sebuah perusahaan besar seperti GoPay

     Penipu memberikan informasi kepada pengguna dengan seolah-olah memberikan berupa undian dengan jumlah besar

     Penipu menyampaikan akan mengirimkan kode dari Gojek untuk memverifikasi/mengkonfirmasi jawaban pemenang. Di waktu yang sama, penipu mengakses akun GoPay dari HP lain sehingga muncul SMS yang berisi kode OTP GoPay di HP korban dan bertingkah seolah mereka yang mengirimkan kode tersebut

     Setelah kode OTP didapat, penipu berhasil masuk dan menggunakan saldo GoPay secara leluasa.

 

Modus Akun Media Sosial Palsu

Buat yang sering komplain lewat media sosial harus lebih hati-hati lagi, nih. Soalnya, penipu bisa menghubungi kamu secara personal dengan menyamar sebagai akun media sosial resmi GoPay. Curigai jika terjadi:

     Modus seperti ini banyak ditemukan ketika pengguna mengajukan komplain lewat media sosial GoPay

     Akun penipu menyamar jadi pihak resmi dan memiliki username yang mirip. Contohnya seperti: @gopandonesia, @gopay.indonesia, dan sebagainya

     Saat pengguna menuliskan “Cek DM” pada kolom comment, akun penipu beraksi dengan menyamar sebagai GoPay Indonesia atau mengaku sebagai CS

     Penipu ikut membalas comment serta mengirim direct message ke korban untuk meminta nomor HP

     Setelahnya, penipu akan meminta data pribadi seperti kode OTP, keterangan detail pada e-KTP, dan perbankan.

 

Cara melaporkan penipuan mengatasnamakan GoPay dan trik membedakannya cukup simpel. Kamu cukup melakukan:

     Pengecekan tanda verified atau centang biru pada akun media sosial palsu tersebut

     Melaporkan kendala melalui halaman bantuan GoPay di aplikasi

     Tidak memberikan informasi pribadi kepada pihak yang tidak dikenal.

 

Penjual Palsu

Pas asyik-asyiknya belanja, eh penipu malah melakukan aksinya. Curigai gerak-gerik penjual palsu dengan simak poin-poin berikut:

     Penipu menyasar pengguna yang suka belanja online

     Wujud barang yang ditawarkan penjual lewat akun sosial media bisa berbagai macam. Paling banyak berupa item game (top up diamond, akun game, turnamen game), hingga barang-barang yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari mulai dari tanaman sampai peliharaan

     Menerima pembayaran melalui transfer GoPay (tidak resmi)

     Setelah transaksi selesai, penjual sulit dihubungi atau menghilang dengan melakukan block kontak korban serta tidak mengirimkan barang yang dijual.

 

Cara mengecek penjual palsu bisa dengan:

     Memeriksa reputasi seller terlebih dahulu sebelum bertransaksi

     Selidiki akun media sosial penipu jika sering kali mengganti username untuk menghilangkan jejak.

 

Agar terbebas dari modus penipuan GoPay, kamu harus lebih berhati-hati. Selalu pasang PIN, rahasiakan kode OTP, dan aktifkan fitur fingerprint atau Touch ID. Cara mengaktifkan fitur fingerprint bisa dengan membuka halaman GoPay, pergi ke pengaturan, masukkan PIN, dan beri izin untuk fitur ID Sidik Jari. Jika terdapat aktivitas tidak wajar, segera lapor. Cara melaporkan penipuan mengatasnamakan GoPay cukup dengan mengunjungi Halaman Bantuan GoPay dan hubungi Customer Service di aplikasi. Wujudkan transaksi #AmanBersamaGoPay!

0 komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.