Minggu, 29 Agustus 2021

Jenis Stiker Kaca dan Cara Memasangnya

Untuk suasana rumah atau kantor yang lebih personal, stiker kaca sering dijadikan solusi yang serba keren dan cantik. Tidak hanya memberi privasi, stiker kaca yang bisa ditempelkan pada permukaan jendela atau pintu pun sering hadir dengan fitur-fitur ekstra.

Di pasaran, ada banyak jenis stiker kaca yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan rumah atau ruangan. Nah, supaya kamu tidak bingung dan salah pilih, berikut ini kami akan membahas jenis-jenis stiker kaca dan cara memasangnya. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Jenis Stiker Kaca dan Cara Memasangnya

Stiker Kaca One Way

Sesuai namanya, stiker kaca ini bersifat satu arah, di mana pandangan akan terhalang pada salah satu sisi. Fitur reflektif ini menjadikan stiker kaca one way cukup disukai karena punya kelebihan privasi, plus daya pantul sinar UV yang cocok untuk rumah atau gedung tinggi. Stiker kaca ini kadang dipasang polos dengan salah satu sisi berupa warna silver atau hitam, tapi ada pula yang memberikan gambar pada permukaannya.

Untuk memasang stiker kaca one way umumnya dilakukan dengan cara yang cukup mudah, yaitu pertama-tama membasahi permukaan kaca dengan air sabun. Setelah itu, dilakukan penempelan stiker kaca dengan rapi dan teliti.

Supaya rapi, para teknisi stiker kaca akan menggunakan serokan untuk meratakan seluruh permukaan kaca. Jika sudah, stiker kaca bisa dibiarkan mengering sendiri atau dibantu alat pengering khusus.


Stiker Kaca Sandblast

Stiker kaca ini menghadirkan gabungan antara permukaan transparan atau clear dengan motif buram yang bertekstur kasar dan kesat menyerupai es padat. Alhasil, bagian pintu atau jendela yang dipasang dengan stiker kaca ini tidak terlihat secara jelas.

Fungsi mengurangi visual ini punya aspek estetika karena motif bisa disesuaikan dengan selera. Selain itu, juga bisa mengurangi efek panas matahari. 

Cara pasang stiker kaca sandblast tidak berbeda dengan cara pemasangan stiker kaca pada biasanya, yaitu menggunakan bahan air sabun agar melekat pada permukaan dan instalasinya sempurna. Artinya, tidak ada bagian stiker kaca yang menggelembung dan dapat kering sempurna.


Stiker Kaca Chromo

Untuk stiker keren ini, bahannya lebih licin dan cocok untuk kaca bagian dalam rumah. Stiker kaca ini berbahan dasar kertas sehingga lebih tidak tahan dan kurang cocok untuk area outdoor, walaupun memang stiker kaca ini punya motif yang bersifat dekoratif untuk kebutuhan tertentu.

Tak jarang stiker kaca chromo juga hadir dalam warna dan gambar yang menarik sehingga layak dipertimbangkan untuk solusi yang lebih terjangkau.

Nah, pemasangan stiker kaca chromo pun masih menggunakan bahan dasar air sabun alias manual. Pastikan ukuran stiker bisa menutupi kaca secara sempurna dan tunggu hingga kering.


Stiker Kaca Vinyl

Meski hampir mirip dengan jenis chromo, stiker kaca bahan vinyl menggunakan perpaduan plastik PVC sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Jika dibandingkan, stiker kaca vinyl lebih ideal untuk bagian luar rumah, kantor, atau toko pribadi.

Apalagi, jenis stiker kaca ini juga bisa memberikan fungsi dekoratif, anti UV, dan menjaga privasi. Stiker kaca ini juga lebih lentur dan tidak mudah luntur walau terkena air alias waterproof.

Cara memasang stiker kaca ini masih bersifat manual, yaitu membersihkan setiap permukaan kaca, menggunakan air sabun, memasang, dan meratakannya secara sempurna. Setelah itu, biarkan hingga mengering untuk hasil yang memuaskan.


Sticker Kaca Clear

Buat yang lebih ingin visual full alias transparan, ada jenis stiker kaca clear yang bisa dimanfaatkan. Jenis yang satu ini lebih cocok digunakan untuk ruangan di dalam rumah, misalnya sekat untuk bagian home office yang tidak terkena sinar matahari dan tidak membutuhkan privasi. Untuk pemasangan, stiker kaca clear termasuk mudah, tetapi juga tetap harus diperhatikan kerapiannya.

0 komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.