Rabu, 25 Agustus 2021

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Lebih Tahan Lama

Buah dan sayuran merupakan bahan makanan yang bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Kedua bahan tersebut mempunyai banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, sehingga bisa dikonsumsi sehari-hari.

Buah bisa dimakan secara langsung ataupun dibuat jus. Sedangkan untuk sayuran ada yang bisa dimakan langsung, dibuat salad, sayur kuah, dan juga berbagai resep masakan lezat lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan untuk selalu menyiapkan sayuran dan buah yang akan dikonsumsi. Tetapi juga penting diperhatikan agar tidak menyiapkannya terlalu banyak karena sayuran yang bisa cepat busuk. Tips lainnya juga bisa menyimpan sayuran di Kulkas sehingga bisa membuatnya lebih tahan lama.

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Lebih Tahan Lama

Jenis Sayur yang Bisa Disimpan di Kulkas

Ketika akan menyimpan sayuran dan buah di kulkas, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan mengetahui jenis yang bisa disimpan. Hal tersebut karena tidak semua buah dan sayur dapat disimpan di lemari es ataupun mempengaruhi masa tahan buah dan sayur tersebut.

Atau justru apabila menyimpannya di dalam kulkas justru akan membuat sayuran atau buah menjadi cepat busuk. Oleh karena itulah penting memperhatikan jenis yang cocok disimpan di dalam lemari es untuk membuatnya lebih tahan lama.

Jenis buah yang dapat disimpan di kulkas lebih sedikit dibandingkan sayuran. Sehingga pastikan untuk mengetahui jenis yang cocok untuk disimpan di dalam lemari es agar bisa membuat buah yang akan dikonsumsi lebih tahan lama.

Jenis buah tersebut adalah apel, pir, strawberry, ceri, anggur, dan juga nanas. Apel bisa disimpan di dalam kulkas maupun di suhu ruangan tergantung dari selera. Sedangkan untuk buah strawberry, ceri, dan anggur akan lebih baik untuk menyimpannya di dalam kulkas.

Selain buah, sayuran yang disimpan di dalam kulkas akan lebih banyak. Seperti misalnya sayuran asparagus, bit, kubis, brokoli, wortel, bawang bombay, selada, jamur, lobak, bayam, jagung, kembang kol, dan kacang polong.

Hal yang harus diingat ketika menyimpan sayuran di dalam kulkas adalah dengan tidak menyimpannya di satu tempat. Buah mengeluarkan gas etilen yang justru dapat membuat sayuran cepat layu apabila disimpan di dalam kulkas. Oleh karena itulah pastikan untuk menyimpan buah dan sayuran di tempat berbeda di dalam kulkas.


Lama Penyimpanan Sayuran di dalam Kulkas

Sayuran bisa disimpan di dalam kulkas dengan waktu tiga hingga tujuh hari. Hal tersebut akan tergantung dengan jenis dan ketahanan sayuran tersebut seperti berikut ini:

·         Sayuran berdaun hijau bisa disimpan selama 3-5 hari.

·         Sayuran hijau bukan daun bisa disimpan 5-7 hari.

·         Sayuran bentuk buah bisa disimpan hingga 2 minggu.

·         Sayuran umbi dan akar bisa disimpan hingga 3 minggu.

·         Sayuran batang dan rempah bisa disimpan hingga 2 minggu.


Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas

Agar sayuran yang disimpan di kulkas bisa lebih tahan lama, perhatikan tips berikut ini yang bisa digunakan :


Memilih sayuran berkualitas

Tips pertama yang bisa diperhatikan adalah dengan memilih kualitas sayuran yang akan disimpan terlebih dahulu. Pastikan sayuran yang disimpan di kulkas juga masih dalam keadaan segar sebelum disimpan.

Sehingga hal tersebut akan membuat umur simpannya lebih lama. Pilih sayuran berkualitas sehingga tidak akan mudah layu dan cepat busuk walaupun telah disimpan di dalam kulkas.


Mengatur suhu kulkas

Hal selanjutnya untuk membuat sayuran lebih tahan lama ketika disimpan di kulkas adalah dengan mengatur suhu yang tepat. Suhu tersebut juga akan membuat kebersihan sayuran yang akan disimpan karena bisa menghindari munculnya bakteri apabila disimpan dalam suhu yang tepat. Suhu ideal untuk menyimpan sayuran di lemari es adalah atur dengan suhu 1-4 derajat Celcius.

Apabila mengatur lebih dari suhu tersebut akan menimbulkan bakteri hingga rasa dan aroma makanan yang berubah. Sedangkan apabila suhunya terlalu rendah juga bisa membuat sayuran beku dan menjadi tidak segar.


Menjaga kelembaban kulkas

Tips selanjutnya yang bisa diperhatikan adalah dengan menjaga kelembaban di dalam kulkas. Pastikan lemari es tersebut mempunyai kelembaban yang tinggi, sehingga dapat menjaga kualitas sayuran yang disimpan.

Cara menjaga kelembaban lemari es sangat mudah yaitu dengan tidak sering menutup dan membuka kulkas. Selain itu juga bersihkan kulkas dan bantalan karet kulkas secara berkala.


Hindari pra cuci

Mencuci sayuran memang baik sehingga akan membuatnya bersih. Akan tetapi hal ini justru sebaiknya dihindari apabila sayuran tersebut akan disimpan di dalam kulkas. Anda bisa mencuci sayuran sebelum akan digunakan saja.

Sedangkan apabila dimasukkan ke dalam kulkas, hindari mencucinya terlebih dahulu karena akan membuatnya lebih lembab. Hal tersebut akan membuat sayuran lebih cepat busuk dan layu.

Oleh karena itulah hindari mencuci sayuran sebelum disimpan di dalam kulkas, kecuali untuk jenis daun bawang dan asparagus. Anda bisa menyimpan dua jenis sayuran tersebut di rendaman air dan ditegakkan.

0 komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.